PaperandStyleCo – Toko Baju Wanita Murah Online

Pusat referensi baju wanita online yang murah di Indonesia

6 Cara Alami yang Efektif Menurunkan Demam Pada Bayi

Demam dapat membuat bayi merasa sangat tidak nyaman dan juga meningkatkan risiko dehidrasi karena panas tubuh yang berlebihan. Jika Anda tidak memiliki obat penurun panas atau bayi Anda terlalu muda untuk minum obat, maka pengobatan rumahan mungkin merupakan solusi ideal untuk mengendalikan demam.

Nah, di kesempatan ini kami akan membagikan sedikit informasi terkait cara alami menurunkan panas demam untuk buah hati Anda, yang pastinya akan sangat efektif Anda lakukan tanpa memberikan efek samping yang buruk untuk kesehatan si kecil.

6 Cara Efektif Menurunkan Demam

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan demam si kecil yang mana bisa menjadi pengganti obat penurun panas, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berikan cairan yang cukup

Berikan banyak cairan kepada bayi Anda untuk membantu tubuh mengatur suhunya lebih efisien. ASI paling aman untuk bayi berusia kurang dari enam bulan. Bayi yang usianya lebih tua dapat diberikan sedikit air, dan cairan lain seperti kaldu yang didinginkan hingga suhu kamar. Asupan cairan yang cukup sangat penting untuk mencegah dehidrasi, yang merupakan komplikasi demam yang paling sering terlihat pada bayi baru lahir.

  1. Basahi kain di dahi

Rendam kain lembut dalam air dingin dan letakkan di dahi bayi. Pastikan air yang digunakan merupakan air dingin yang biada, tapi bukan air es karena dapat menyebabkan kedinginan. Letakkan kain di dahi sampai terasa hangat lalu lepaskan. Rendam dalam air dan letakkan di dahi lagi. Ulangi sebanyak yang diperlukan untuk mengendalikan suhu.

  1. Mandi air hangat

Anda bisa memandikan buah hati Anda dengan air hangat di bak mandi atau menggunakan spons. Jaga agar air tetap hangat, karena menggunakan air dingin dapat menyebabkan kedinginan. Menurut American Academy of Pediatrics, suhu air harus antara 85-90 ° F (29,4-32,2 ° C) (2).

Jika Anda tidak memiliki termometer air, maka sentuh air dengan punggung tangan Anda. Seharusnya terasa agak hangat. Kedalaman air di dalam bak harus tidak lebih dari beberapa inci. Mandikan bayi hanya selama beberapa menit. Tubuh akan kehilangan panas saat air menguap dari tubuh bayi. Pakar pediatrik merekomendasikan untuk tidak menggunakan pemandian alkohol untuk bayi karena tubuh bayi dapat menyerapnya melalui kulit.

  1. Kurangi lapisan pakaian

Mengenakan bayi Anda dalam beberapa lapis pakaian saat mereka demam akan memerangkap panas yang berlebihan. Sebagai gantinya, kenakan bayi dengan satu lapis pakaian dan jika dia merasa dingin berikan dia selimut tipis.

  1. Jaga ventilasi ruangan

Berikan ventilasi yang memadai di kamar bayi. Gunakan kipas dengan kecepatan rendah untuk menjaga agar ruangan tetap berventilasi. Jika Anda memiliki kipas angin, gunakan itu untuk mengalirkan udara di sekitar ruangan. Ruangan yang berventilasi baik dapat mencegah bayi mengalami panas tubuh berlebih.

  1. Banyak istirahat

Istirahat membantu tubuh melawan infeksi yang mendasarinya. Para ahli medis menyatakan bahwa bayi tidak perlu selalu berbaring atau tidur dalam demam. Bayi bisa duduk atau berkeliaran di sekitar rumah, tetapi tidak boleh berlari atau menyusahkan diri dengan aktivitas fisik. Jika bayi Anda ingin tidur dan tetap berbaring dalam kasurnya, biarkan mereka melakukannya.

Nah moms, beberapa cara di atas merupakan cara aman yang bisa Anda lakukan dan dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh demam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *