PaperandStyleCo – Toko Baju Wanita Murah Online

Pusat referensi baju wanita online yang murah di Indonesia

Ruam Merah Dan Gatal Yang Mengganggu? Bisa Jadi Dermatitis Atopik!

Dermatitis atopik adalah suatu kondisi yang menyerang bayi dan anak-anak pada usia bawah lima tahun. Penyakit ini menyerang kulit sehingga merasa gatal-gatal dengan level cukup parah. Kondisi seperti ini dapat berlangsung beberapa saat, sering kali kambuh dan berlangsung hingga dewasa. Anak yang terjangkit dermatitis atopik akan terganggu aktivitas hariannya hingga terkadang menyebabkan kesulitan tidur oleh rasa gatal yang dideritanya.

Penyebab Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik atau umumnya disebut dengan eksim. Bukan disebabkan oleh faktor genetika, dermatitis atopik umumnya berasal dari faktor luar tubuh. Namun, tidak sedikit juga anak yang orang tuanya memiliki riwayat penyakit ini, kemungkinan juga akan mengalaminya. Kulit merupakan jaringan yang sangat mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitar dan banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya dermatitis atopik. Berikut ini beberapa faktor internal dan eksternal yang dapat memicu. Diantaranya adalah :

  1. Cuaca

Kondisi cuaca yang ekstrim seperti dingin yang menusuk sering kali juga memicu munculnya dermatitis atopik.

  1. Bahan pakaian yang dipakai

Beberapa bahan pakaian yang terbuat dari bahan sintetis ataupun bahan alami bisa membuat kulit bayi yang sensitif menjadi gatal dan memunculkan ruam.

  1. Makanan

Faktor makanan juga bisa mempengaruhi munculnya dermatitis atopik. Hal ini disebabkan karena faktor alergi yang dimiliki seorang anak. Makanan yang masuk ke dalam tubuh dianggap sebagai benda asing yang membahayakan, sehingga tubuh memberikan perlawanan dan berimbas pada munculnya rasa gatal.

  1. Bulu binatang

Seperti halnya pakaian, bulu binatang seperti ayam, burung, kelinci, kucing ataupun anjing bisa berbahaya bagi anak yang memiliki tipe kulit sensitif.

  1. Kontak dengan orang lain

Ada satu kasus dimana seorang bayi mengalami ruam dan gatal pada wajahnya karena baru saja dicium, dicubit dan disentuh oleh banyak orang.

Gejala Dermatitis Atopik Dan Penyembuhannya

Gejala yang muncul karena dermatitis atopik adalah :

  1. Bercak merah atau ruam di permukaan kulit
  2. Kulit yang gatal, kering dan bersisik
  3. Rasa gatal dan ruam umumnya muncul di area wajah dan leher, terutama di bagian pipi
  4. Kulit bersisik yang retak akan mengeluarkan cairan
  5. Kesulitan tidur karena rasa gatal yang sangat mengganggu
  6. Jika gatal digaruk terlalu keras, bisa menimbulkan luka dan menyebabkan infeksi

Jika kondisi yang dialami semakin parah, segera lakukan pemeriksaan ke dokter ahli untuk mendapatkan pengobatan. Selain itu, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi efek dari dermatitis atopik, yaitu :

  • Menghindari pemicunya
  • Menjaga kelembaban kulit
  • Kurangi menggaruk kulit
  • Kompres kulit dengan air hangat
  • Mandi air hangat

Dermatitis atopik tidak bisa disembuhkan secara total. Penyakit ini bisa muncul kembali suatu saat jika ada faktor pemicunya. Pengobatan yang disarankan oleh dokter biasanya hanya bersifat meredakan ketidaknyamanan yang ditimbulkan seperti gatal dan pemberian antibiotik jika terjadi infeksi. Oleh sebab itu, jika anak atau Anda telah sembuh dari penyakit eksim ini, usahakan untuk menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kambuhnya penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *